Kisah Hidupmu, Cerita Hidupku

Pahlawan Peta yang Terlupakan

Artikel terkait : Pahlawan Peta yang Terlupakan

Mengenang Bapak 
Raden Soetoyo
Salah Satu Pahlawan Pembela Tanah Air
(PETA)

Berawal dari WA yang dikirim dari pak Sulaiman Zulkarnain yang Ada di Bogor . Tole...kamu perhatikan itu makam bapakmu yang ada di Taman Makam Pahlawan Suropati Malang. Kenapa tidak diurus....makam makam yang lain bagus bagus, makam bapakmu kelihatan nggak keurus. 
Saya hanya diam gak berani membantah, informasi pak Lik Sulaiman Zulkarnain.

Coba kamu catat untuk diketahui keluarga besar bapak mu. Bapakmu itu Anggota Peta yang andil untuk berjuang bersama sama anggota Peta yang lainya dalam upaya merebut kemerdekaan. Pak Lik agak lupa. Bapak mu Raden Soetoyo itu ketika bergabung di Peta berpangkat Budancho setingkat komandan peleton. Beliau bergerilya bersama pasukannya mulai dari Blitar, menuju kota Kepanjen terus ke atas wilayah Ngajum hingga gunung Kawi .

Tidak sedikit kontribusi bapakmu dalam merebut kemerdekaan. Setelah merdeka bapak terus berkarir di ketentaraan, di kirim ke Sumatera Sulawesi Kalimantan hingga ke irian jaya. Untuk memberantas pemberontakan maupun menjaga keamanan. Bapakmu pernah dinas di batalyon infantri di berbagai daerah:-|Pak Lik agak lupa diantaranya di 512, 514, 527, pernah di Korem Malang, kodim Situbondo dan Banyuwangi, banyak karya karya bapakmu pak Toyo itu, diantaranya membuat saluran sungai di Ngajum oleh masyarakat setempat diberi nama kali Sutoyo. ikut membuka lahan di Turen untuk mendirikan pabrik peluru Pindad, andil merencanakan berdirinya universitas merdeka kota malang, terus pak Lik ingat bapak mu salah satu penggagas berdirinya Pepabri Kota Malang. Sebelum meninggal bapakmu waqof tanah di jalan pulau Galang no. 17 malang, sebidang tanah yang sekarang terkenal dengan bangunan Masjid yang megah Masjid Al-Ikhlas sekarang jalan Anambas kota malang bapakmu wafat tahun 1986 di makamkan di Taman Makam Pahlawan Suropati kota malang, yang makam nya tidak terurus baik oleh Pemerintah Kota Malang maupun keluarga.
Tolong le makam bapakmu di Taman Makam Pahlawan Suropati kota Malang diurus ya...dikijing yang bagus atau kalau gak mampu di cat saja yang bersih 
Ya...pak Lik...hati serasa hancur...justru pak Lik yang ada di kota Bogor yang peduli terhadap makam bapak Toyo yang merupakan salah satu pahlawan kemerdekaan dari ratusan juta pahlawan kemerdekaan republik Indonesia ini.
Terima kasih pak Lik ....siap 86....

Kiriman dari: 
Tavip Doyo Sartono (tavipdoyos1981@gmail.com)

Artikel Kisah Cerita Lainnya :

Copyright © 2015 Kisah Cerita | Design by Bamz